Kumpulan Kata bijak Juli 2012 Blog PIB

Kumpulan Kata bijak Juli 2012 Blog PIB - Memasuki Agustus, Blog PIB akan membagi kumpulan kata bijak yang dimuat di Blog PIB selama bulan Juli 2012. Pada awal bulan juli kemarin juga kami telah membagi Kumpulan kata bijak juni 2012 yang dimuat di blog PIB selama bulan juni.

Kata bijak yang kami muat agak sedikit berbeda dengan kata kata bijak yang dimuat di blog lain, karena kami memuat ulasan kata bijak yang kami bagikan, agar para pembaca kami lebih mengerti maksud dan tujuan kata bijak tersebut, sehingga sedikit banyaknya mendapat pencerahan.

Inilah kumpulan kata bijak Juni 2012 blog PIB :

Kata Bijak hari Ini 3 Juli 2012 - Setelah membagi Kumpulan Kata Bijak Juni 2012 Blog PIB, maka kami kembali mambagi Kata Bijak hari ini untuk tanggal 3 Juli 2012 yang bertema "salah".

Kata bijak ini merupakan hasil permenungan Admin Blog PIB, berikut kata bijak hari ini :

"Saya tidak pernah takut atau malu salah, yang saya takuti adalah orang yang mengatakan salah tapi tidak dapat menunjukkan dimana kesalahan itu"

Ulasan :

Sering sekali kita mengatakan kepada orang lain "kamu salah" atau dikatakan orang lain "anda salah". Mendengar orang berkata "kamu salah" kepada kita, tentu tidak mengenakkan hati, namun sebagai orang yang bijak, kita harus bertanya "dimana kesalahan saya" sehingga kita dapat mengetahui letak kesalahan yang kita lakukan.

Jika penjelasannya masuk akal maka kita harus bersyukur dan menerimaka orang berkata demikian, karena dengan itu kita dapat memperbaiki diri.

Demikian juga halnya kita, jika berani mengatakan "kamu salah" kepada orang lain, hendaklah kita dapat menjelaskan dimana letak kesalahannya, sehingga mereka juga dapat memperbaiki diri.

Demikianlah Informasi kata bijak hari ini tentang "salah", semoga kata bijak ini, dapat memberi sedikit pencerahan kepada para pengunjung setia Blog PIB. Terima Kasih, dan tetap semangat..!!!*Don Sisco S H

Kata Bijak hari Ini "Menghafal" 5 Juli 2012 - Blog PIB kembali membagi Kata Bijak hari ini 5 Juli 2012 denga tema "Menghafal", dimana sebelumnya kami juga telah membagi kata bijak 3 Juli 2012 yang bertema "salah".

Kata bijak hari ini, kami ambil dari perkataan seorang pemikir dan pejuang Indonesia yaitu Tan Malaka. berikut kata bijak hari ini 5 Juli 2012 :

"Kebiasaan mengapal itu tiada menambah kecerdasan, malah menjadikan saya bodoh, mekanis, seperti mesin, Yang saya ingat bukan lagi arti sesuatu kalimat, melainkan bunyinya."

Ulasan Menurut Blog PIB :

Sewaktu sekolah sering sekali kita disuruh menghafal pelajaran, apalagi sewaktu hendak ujian, maka kita pasti dengan serius mengafal atau juag dikenal dengan "luar kepala"

Banyak orang mengetahui tapi tidak memahami, inilah akibat dari menghafal, seyogianya, kita semestinya memahami sesuatu bukan hanya mengetahui.

Contoh : A seorang yang menghapal negara dan ibu kota negara-negara di dunia beserta benua.  A sudah menghapal dan mengingatnya, sewaktu ditanya, Ibu Kota Indonesia apa ? si A menjaawab dengan lantang Jakarta, kemudian ditanya lagi di Benua manakah Indonesia berada ? maka kemungkinan si A menjawab benar  hanya 20 %, dari 6 Kemungkinan.

Jadi si A hanya akan benar jika yang ditanya sesuai dengan apa yang dihapalnya " Sama bunyi", jika ditanya yang berhubungan dengan yang dihapal, maka kemungkinan dia menjawab benar, kecil sekali.

Jadi, jika kita sudah mengetahui, pahamilah dan kembangkanlah apa yang kita ketahui itu, sehinggga kita dapat bergerak lebih maju.

Demikianlah kata bijak hari ini 5 Juli 2012, semoga dapat memberi sedikit pencerahan kepada para pengunjung setia bLog PIB. Sekian dan terimakasih.

Kata Bijak hari Ini "Orang Kecil VS Orang Besar" 8 Juli 2012 - Blog PIB kembali membagi Kata bijak hari ini 8 Juli 2012 dengan tema "Orang Kecil vs Orang Besar". Sebelumnya Blog PIB juga telah membagi Kata bijak 5 Juli 2012 dengan tema "menghafal".

Inilah Kata bijak tentang "Orang Kecil vs Orang besar", beserta ulasannya :

"Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan"

Ulasan kata bijak menurut Blog PIB:

Kata bijak diatas ada kemiripan dengan pepatah "Walau jelek, milik sendiri", namun kata bijak diatas lebih menonjolkan sikap kesederhanaan dan kerendahan hati seseorang.

Pada umumnya orang yang tinggi hati atau sombong akan selalu lapar dan  kekurangan akan hal-hal duniawi, dan menganggap orang yang lain dinggapnya lebih rendah. ia lupa bahwa "diatas langit masih ada langit, sehingga dia hanya "berlagak"menjadi orang besar, karena apapun di dunia ini hanya sementara dan dalam hitungan detik bisa saja lenyap. Jadi pantaskah kita menggap diri orang besar ?

Berbeda dengan orang kecil yang berkerja untuk diri sendiri, menggambarkan kesederhanaan, rasa syukur dan kerendahan hati.

"Orang yang bekerja untuk diri sendiri" maksudnya disini adalah orang tidak "serakah" ataupun selalu lapar akan kebesaran sehingga hidupnya "tidak susah melihat orang senang, dan tidak senang melihat orang susah".

Kata bijak diatas juga dapt kita maknai gambaran " Wiraswasta" dengan "Pekerja" dimana seorang wiraswasta berkerja untuk diri sendiri sedangkan "pekerja" berkerja untuk orang lain.

Proklamator RI, Soekarno pernah berkata indonesia harus "Berdikari" berdiri dikaki sendiri, jangan menjadi anjing kapitalisme apalagi sampai menjadi jajahan neoimperialisme.

Kata bijak diatas juga dapat digambarkan dengan keadaan Indonesia saat ini, kita menjadi salah satu anggota G-20 dengan pertumbuhan Ekonomi yang bagus, namun rakyatnya masih banyak yang "lapar", Lapar akan kekuasaan, laparkan akan harta ( Korupsi ), dan paling ironis, banyak sekali rakyat kelaparan karena hidup miskin dan lapar pekerjaan karena kurangna lapangan kerja (Pengangguran).

jadi untuk apa menjadi orang besar jika kita "kekurangan", bukankah kita lebih baik menjadi orang kecil tapi "berkecukupan" ? *Don Sisco S H

Demikianlah Informasi Kata bijak tentang Orang Kecil vs Orang Besar, semoga dapat memberi sedikit pencerahan kepada para pengunjung setia blog PIB. Sekian dan terimakasih.

Kata Bijak hari ini "Kasih & Kebencian" 9 Juli 2012 - Blog PIB kembali membagi Kata Bijak  hari ini 9 Juli 2012 dengan tema "Kasih & Kebencian", dimana sebelumnya Kami juga telah menulis Kata Bijak orang besar vs Orang Kecil.

Inilah kata bijak tentang "Kasih dan Kebencian" besera ulasan menurut Blog PIB.

"Lebih baik sepiring sayur dengan kasih dari pada lembu tambun dengan kebencian"

Ulasan :

Pada dasarnya setiap manusia butuh "makanan" untuk memenuhi kebutuhan energi dalam melanjutkan kehidupan. Jenis-jenis makanan sangat bervariasi ada yang sederhana tapi ada yang mewah.

Manusia bekerja motivasi awalnya adalah agar dapat makan, karena rasa lapar amat sangat menyiksa dan selain itu kita akan lemah dan tak berdaya.

Walaupun tujuannya sama-sama mememenuhi kebutuhan, namun Cara orang mendapatkan makanan  berbeda-beda, sehingga setiap cara mempunyai akibat maupun efek yang berbeda pula. Secara garis besar ada dua cara yakni : Cara baik dan Cara buruk atau cara salah dan cara benar.

Cara yang tidak baik atau salah, maka akibatnya juga tidak baik, contoh "Korupsi" walaupun seorang Koruptur dapat makan "lembu tambun" atau bermewah-mewah, tapi banyak yang membenci mereka.

Cara yang baik atau benar, maka akibatnya tentu baik pula, contoh "bertani", walaupun hanya dapat makan "sayur" tapi banyak yang membutuhakan jasa mereka, bahkan seorang Koruptor sendiri, karena tanpa hasil pertanian koruptor tidak akan bisa hidup.

Contoh lain, misalnya orang tua yang super sibuk hanya mengejar kekayaan duniawi, sehingga melupakan hubungan batin dengan anak-anaknya, maka anak-anaknya pasti kurang kasih sayang, sehingga suasana rumah pasti tidak harmonis walaupun secara materi kebutuhan si anak berlebih, bahkan tidak jarang anak-anak yang kurang perhatian akan terjerumus memakai NARKOBA.

Sedangkan orang tua yang memberi waktu yang cukup kepada anak-anaknya walaupun konsekuensinya waktu mencari uang berkurang, namun si anak pasti akan menjadi anak yang baik dan suasana rumah itu akan harmonis, walau hanya kehidupan mereka sederhana.

Kata bijak diatas memberi makna bahwa hidup sederhana dan kerendahan hati dalam kasih lebih baik dari pada hidup bermewah-mewah tapi penuh dengan suasana "kebencian" * Don Sisco S H

Demikianlah kata bijak tentang "Kasih & Kebencian", Semoga dapat memberi pencerahan kepada para pengunjung setia Blog PIB. Sekian dan terimkasih.

Kata Bijak hari ini "Barang & Harta" 11 Juli 2012 - Blog PIB kembali membagikan Kata bijak hari ini 11 Juli 2012, dengan tema " Barang & Harta", sebelumnya kami juga telah memuat Kata Bijak tentang kasih & Kebencian dan kata mutiara motivasi tentang berpikir.

Inilah kata bijak tentang "Barang & Harta" beserta ulasannya :

"Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan"

Ulasan :

Pada umumnya, memiliki harta benda yang banyak merupakan harapan setiap manusia, karena selain sebagai pemuas kebutuhan, harta benda juga memberikan kebanggan tersendiri bagi yang memilikinya contoh seperti Perhiasaan, Mobil mewah, rumah mewah, dll.

Setiap orang memperoleh harta benda berbagai ragam caranya dan jalannya, ada karena membeli, warisan, hibah dll. tapi apakah dengan harta yang berlimpah menjamin hidup seseorang bahagia ?

Kebahagian seseorang dapat kita ukur dari bagaimana orang itu "menikmati" harta bendanya. Bila seseorang dapat menikmati harta bendanya dengan penuh rasa syukur tanpa kecemasan, maka dapatlah dikatakan dia bahagia, tapi jika seseorang menikmati harta bendanya dengan penuh rasa cemas, apakah mereka dapat disebut bahagia ??

harta benda seorang Petani, pada umumnya lebih sedikit dari pada Koruptor, namun dalam menikmati harta, dipastikan Petani lebih dapat "menikmati" hartanya, karena tanpa ada rasa kecemasan sedikitpun. Berbeda dengan Koruptor, yang senantia dibarengi dengan kecemasan, kapan hasil korupsi dia terbongkar.

Seorang petanipun, walau memiliki harta sedikit jika tidak pernah mengucap syukur kepada Tuhan, bahkan ketakutan hartanya itu habis sehingga untuk membantu sesamapun tidak mau, maka kebahagiaan dia juga pasti kurang.

Jadi sedikit harta maupun banyak harta, dalam memperolehnya haruslah dengan jalan yang benar dan baik serta haruslah senantiasa mengucap syukur kepada Tuhan bahwa segala ynag kita peroleh adalah berkat anugerah dan Karunia-Nya, dan dapat memberi manfaat bagi sesama.

Demikianlah kata bijak tentang harta benda, semoga dapat memberi sedikit pencerahan kepada para pengunjung setia kami. Sekian dan terimkasih.

Kata Bijak hari Ini " Cinta Sejati" 14 Juli 2012 - Pada tulisan kata bijak hari ini 14 Juli 2012, Blog PIB akan membagi kata bijak tentang Cinta sejati kepada para pengunjung setia kami terkhusus yang sedang mencari cinta sejatinya.

Beberapa hari yang lalu kami juga telah berbagi kata bijak tentang Barang & harta serta Kata mutiara tentang keinginan dan keyakinan, tulisan ini juga perlu anda baca agar lebih dapat mencerahkan kita.

Inilah kata bijak cinta tentang cinta sejati blog PIB, beserta ulasannya :

"Letakkan lah dasar cintamu pada "menerima apa adanya" dengan hati, maka kamu akan mendapat Cinta Sejati"
Ulasannya :

"Aku suka kamu" apakah sama dengan "Aku cinta kamu" ? Pasti berbeda..!!! pertama dari huruf, ya kan ?? hehehhehehhe...

Sering sekali orang menyamakan arti "aku suka kamu" dengan "aku cinta kamu" padahal baik dari segi apapun "Suka" dan "Cinta" memiliki perbedaan yang sangat mendalam.

Suka berarti terkait dengan selera sedangkan Cinta terkait dengan hati. kata "suka" sering jug kita sebutkan untuk, makanan, mobil, minuman. Hal ini dapat kita lihat pada biodata seseorang sering kita baca Minuman kesukaan, Makanan kesukaan dll, sedangkan kta cinta akan sangat janggal kita sebauh untuk makanan, misalnya, aku cinta bir, aku suka lupis, jika adapun "Aku Cinta Makanan Indonesia"... hehehhehe

Artinya, kata suka itu tergantung apa yang kita oleh panca indera kita, misalnya, ketika kita melihat cewek cantik, maka kita akan katakan "aku suka kamu", kita makan makanan yang enak , maka kita berkata aku suka makanan ini.

Bagaiamana jika setelah "cewek cantik" itu kita kenal, kita ketahui bahwa dia seorang "Yang kurang baik", masihkah kita suka ??? atau, ketika kita mencium bau makanan yang enak, tapi setelah merasakannya "kurang enak", masih sukakah kita ?? Jika masih suka, maka anda sudah "Cinta" dengan dia.

Suka akan merubah menjadi tidak suka jika "selera" seseorang itu telah terpenuhi, contoh, makanan, setelah kenyang pasti dia akan meninggalkan piring makanan itu lalu pergi.

Jadi selama, orang meletakan dasar cintanya atas "Suka" atau "Selera" maka dia tidak akan pernah menemukan cinta sejati, karena rasa Suka dan selera selalu berubah-ubah, jadi dengan selalu berubah-ubah dapat dipastikan tidak ada cinta sejati disitu.

Cinta sejati akan terwujud jika kita memandang bukan dari panca indera (Mata), melainkan dari Mata hati, mata hati itu masih jernih tanpa tendensi, mata hati itu tidak pernah menjadikan orang lain menjadi korban, mata hati itu dapat melihat segala yang baik dan segala yang buruk, dan yang terpenting mata hati tidak pernah berpihak dan bisa menerima apa adanya.

Jadi kamu melihat calon pasanganmu lihatlah dengan mata hati, biarlah hati yang bersuara, sehingga kamu akan melihat cinta sejati dan memperolehnya.* Don Sisco S H

Demikianlah Kata bijak cinta sejati, semoga dengan tulisan ini, para pengunjung kami, mendapat sedikit pencerahan tentang cinta, semoga anda dapat menemukan cinta sejati anda. Salam Cinta buat anda sekalian.

Kata Bijak hari ini "Kebaikan vs Kejahatan" 17 Juli 2012 - Blog PIB kembali membagi kata Bijak buat anda semua, kata bijak hari ini bertema Kebaikan vs Kejahatan. Sebelumnya kami juga telah memuat tulisan kata bijak tentang cinta sejati pada tangal 14 Juli 2012 kemarin.

Inilah kata bijak tentang Kebaikan vs Kejahatan 17 Juli 2012 beserta ulasannya :

" Siapa yang membalas Kebaikan dengan kejahatan, Kejahatan tidak akan menghindar dari rumahnya"


Ulasan :

Kebaikan seringkali dibalas dengan kejahatan atau sering juga dikiaskan orang 'Air Gula dibalas dengan Air Tuba", bagaimanakah akibat jika seseorang membalasa kebaikan seeorang dengan kejahatan ? Akibatnya adalah bahwa Kejahatan tidak akan pernah menghindar dari rumahnya. Kenapa ?

Jika orang berbuat baik untuk kita, kemudian kita balas dengan kejahatan, apakah masih ada kebaikan dalam diri kita ??? tentu jawabannya tidak.. Sehingga bisa dikatakan bahwa Kejahatan sudah menjadi Raja dan berkumpul pada diri kita, sehingga kebaikan orang lainpun kita balas dengan kejahatan.

Contoh konkret yaitu para Penjabat yang korupsi, Rakyat melalalui negara telah sangat berbuat baik untuk Pejabat, dengan memberikan Kedudukan, Gaji, fasilitas dll, namun kebaikan itu dibalas dengan merampok uang rakyat bahkan menindas rakyat.

Walau sudah kaya raya, banyak penjabat korupsi kenapa ? karena "Kejahatan" sudah menjadi raja dan merajai rumahnya, sehingga dia tidak pernah merasa puas akan hasil kejahatannya yang sudah berlimpah ruah.

Setelah ditangkap KPK, mereka masih melakukan kejahatan, dengan mencoba membuat alasan-alasan seperti sakit, melarikan diri dll, ironisnya mereka juga menyuap para penegak hukum agar hukuman mereka diringankan, atau mendapat fasilitas mewah. Jangan-jangan mereka setelah di penghakiman terkahirpun masih berbuat jahat. :)

Jadi, marilah kita berbuat baik senantiasa, lebih baik membalas kejahatan dengan kebaikan dari pada membalas kebaikan dengan kejahatan. * Don Sisco S H

Demikianlah kata bijak tentang kebaikan vs kejahatan semoga dapat memberi sedikit pencerahan kepada para pengunjung setia blog kami. Sekian dan terimakasih.

Kata Bijak hari ini "Membuat Bahagia" 21 Juli 2012 - Blog PIB kembali membagi informasi Kata bijak hari ini 21 Juli 2012 dengan tema "Membuat Bahagia", dimana sebelumnya kami juga telah membagi informasi kata mutiara 18 Juli 2012 tentang 'waktu menunggu"

Inilah kata bijak membuat bahagia 21 Juli 2012 beserta ulasannya :

"Seseorang tidak dapat membuat semua orang bahagia, namun seseorang pasti akan dapat membuat seseorang bahagia, karena dia bahagia"

Ulasan :

Bahagia tentua harapan semua orang, namun tanpa ada kesedihan maka kebahagiaan juga tidak akan pernah ada, jadi kesedihan dan kebahagian adalah dua elemen kehidupan yang saling berkaitan satu dengan yang lain.

Membuat orang lain bahagia, terlebih orang yang kita cintai, pastinya hal yang juga kita harapkan, namun membuat orang lain bahagia, bukanlah pekerjaan yang mudah, karena kebahagiaan itu relatif bagi semua orang.

Pemimpin dituntut membuat semua rakyatnya bahagia, namun hal itu dipastikan pasti tidak akan terwujud, karena pasti ada saja pihak2 yang tidak bahagian jika orang lain bahagia. Hal ini merupakan karakter kita sebagai manusia yang penuh dengan "Dosa".

Untuk membuat semua orang bahagia tidak dapat dilakukan, tapi membuat kita bahagia pasti dapat kita lakukan, dan dalam kebahagiaan kita itu, pasti orang lain juga ikut bahagian, terutama orang2 yang mencintai kita.

jadi kita harus bahagia bila orang lain bahagia, jangan bahagia melihat orang menderita, apalagi menderita melihat orang bahagia. Okey... :)

Demikianlah kata bijak "membuat bahagia" 21 Juli 2012, semoga dapat memberikan sedikit pencerahan kepada para pengunjung setia blog PIB. Sekian dan terimkasih. Semoga Tuhan senantiasa memberkati anda semua.

Kata bijak hari ini "Kawan Vs Lawan" 27 Juli 2012  - Blog PIB kembali membagi kata bijak, setelah beberapa hari yang lalu telah membagin kata bijak membuat bahagia 21 Juli 2012.

Tema kata bijak hari kita hari ini adalah kawan vs lawan. Dimana kedua kata ini merupakan kata yang saling bertentangan, namun memiliki perbedaan yang sangat tipis sekali.

Inilah kata bijak tentang kawan vs lawan beserta ulasannya :

"Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah"

Ulasan :

Sewaktu saya Sekolah Dasar, saya sering sekali dipukuli oleh Guru, gara-gara nakal, tidak mengerjakan Pekerjaan rumah dll, begitu juga orang tua saya, mereka sering sekali memarahi bahkan memukul saya kerena perbuatan saya yang tidak baik.

Sekarang jika ada guru yang memukul siswa/i karena nakal, maka orangtuanya akan mempersoalkan pemukulan bahkan tidak segan melaporkannya ke pihak yang berwajib. Sehingga saat ini Guru sudah jarang sekali memukul siswa/i yang nakal.

Guru dan orangtua memukul kita, pasti karena ada alasan, yang pastinya alasan dan tujuan itu demi kebaikan kita.

Dengan kata lain, seseorang sahabat akan berani berkata salah jika kita salah, namun lawan tidak akan pernah mengatakan kita salah. Karena bila ada orang mengatakan kita salah, maka kita akan berusaha memperbaiki diri. Tentu seorang lawan tidak akan mau, jika kita memperbaiki diri. Bahkan sewaktu salah sekalipun  kita, mereka akan mengatakan kita benar.

Jadi, memukul adalah kawan dalam hal ini berarti "berani mengkoreksi" dan melawan jika kita memang kita salah, sedangkan memuji adalah lawan adalah membenarkan kita walau kita salah.

Apakah seseorang yang memukul sudah menjadi lawan ? atau, apakah seorang yang memuji dan mencium kita sudah menjadi kawan ?

Demikianlah Kumpulan kata bijak Juli 2012 Blog PIB, semoga dapat memberikan sedikit pencerahan pada pengunjung setia blog PIB. Tetap jaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Sekian dan terimakasih.